9 Penyebab Telat Menstruasi

Dibuat : Mar 15th, 2012 02:40:09 Author : Rahma
9 Penyebab Telat Menstruasi
Telat menstruasi atau telat haid atau telat datang bulan sering membuat kita khawatir tentang kondisi kita. Kadang kita merasa ketidak normalan pada siklus kita  atau mungkin bagi pasangan suami-istri mengira jika ini adalah tanda hamil. Padahal belum tentu telat menstruasi adalah pertanda hamil.

Penyebab telat menstruasi

1. Stres
 
Stres dapat mempengaruhi banyak hal dalam hidup kita, termasuk tidak adanya menstruasi atau telat menstruasi. Kadang-kadang kita begitu tertekan sehingga tubuh kita menurunkan jumlah hormon (GnRH), yang menyebabkan kita tidak berovulasi atau menstruasi. Bekerja dengan dokter atau bidan dapat membantu Anda mengetahui apa yang perlu Anda lakukan untuk bersantai dan kembali ke jadwal. Hal ini kadang-kadang dapat memakan waktu beberapa bulan atau lebih untuk bekerja sendiri keluar.
Menghilangkan stres adalah cara untuk mendapatkan menstruasi kembali.

2. Ketidakseimbangan hormon.
Sindrom ovarium polikistik adalah bentuk umum dari ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan amenore.

3. Menyusui bayi

Ibu menyusui akan sering mengalami amenore (Amenore adalah tidak terjadinya menstruasi), namun pada kasus ini ovulasi dan kehamilan tetap mungkin saja terjadi walaupun tanpa menstruasi.
Wanita yang sedang menyusui lebih mungkin mengalami menstruasi yang tidak teratur daripada mereka yang tidak. Hormon-hormon yang dihasilkan oleh menyusui secara langsung dapat mempengaruhi siklus menstruasi wanita. Bahkan perempuan yang telah mulai menstruasi sejak setelah melahirkan tapi masih menyusui mungkin mengalami periode terlambat atau tidak teratur karena menyusui.


4. Kurang gizi  


Kurangnya asupan gizi juga salah satu faktor penyebab telat datang bulan. Perempuan yang kekurangan gizi atau sangat kurus sering mengalami amenore . Biasanya Hal ini sering terjadi pada wanita dengan  gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia.

5. Penggunaan obat.
Pengunaan Obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi (oral, implan, dan disuntikkan), corticosteriods oral, antidepresan, antipsikotik, tiroid, dan beberapa obat kemoterapi lainnya dapat menyebabkan amenore bagi beberapa wanita.

6. Penyakit kronis

Wanita yang tengah mengalami penyakit atau sakit dengan jangka waktu panjang menstruasinya akan tertunda sampai kondisinya membaik.

7. Tumor
Tumor jinak dapat menyebabkan kelebihan produksi prolaktin yang dapat mengganggu siklus menstruasi anda.

8. Tiroid
Wanita yang memiliki penyakit tiroid juga sering mengalami amenore. Hal ini cukup umum untuk wanita dengan gangguan tiroid memiliki masalah dengan ovulasi dan siklus menstruasi yang tidak teratur. Dokter tidak jelas mengapa tiroid menyebabkan masalah dengan siklus menstruasi. Terkadang wanita dengan gangguan tiroid tidak berovulasi atau jika mereka lakukan mereka mungkin memiliki ovulasi lemah dan fase luteal pendek. Apa pun yang mengganggu ovulasi yang normal dapat menyebabkan haid menjadi terlambat atau menjadi tidak teratur.

9. Olahraga berat


Olahraga berat atau pelatihan atletik dapat menyebabkan amenore.

Jika Anda telah telat menstruasi dalam kurun waktu 3 bulan atau lebih , dan anda belum berkonsultasi pada ahlinya, maka disarankan untuk segera berkonsultasi dan memeriksakan siklus haid anda untuk menentukan penyebab yang mendasarinya. 

Jika anda suka pada ulasan artikel ini, Mohon untuk membagikannya ke teman yang lain pada Google+, Facebook, Blogger, Twitter dll :



Terakhir disunting : Feb 15th, 2013 11:10:26
31 voters