Campak - Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Dibuat : May 2nd, 2012 23:08:32 Author : Rahma
Campak - Gejala, Penyebab dan Pengobatannya
Campak adalah infeksi waktu kecil yang disebabkan oleh virus. Setelah cukup umum, campak sekarang dapat dicegah dengan vaksin. Tanda dan gejala campak termasuk batuk, pilek, radang mata, sakit tenggorokan, demam dan ruam, kulit merah bernoda kotor.

Juga disebut rubeola, campak bisa serius dan bahkan fatal bagi anak-anak. Sementara angka kematian telah menurun di seluruh dunia sebagai anak-anak lebih menerima vaksin campak, penyakit ini masih membunuh beberapa ratus ribu orang per tahun, sebagian besar di bawah usia 5 tahun.

Gejala Campak

Tanda dan gejala campak muncul setelah satu minggu sampai dua minggu setelah terpapar virus. Tanda dan gejala campak biasanya meliputi:

    Demam
    Batuk kering
    Ingusan
    Sakit tenggorokan
    Peradangan mata (konjungtivitis)
    Kepekaan terhadap cahaya
    Bintik-bintik putih kecil dengan putih kebiruan pusat ditemukan di dalam mulut pada lapisan dalam pipi, yang disebut bintik Koplik ini
    
Ruam kulit terdiri dari besar, bercak datar yang sering mengalir ke satu sama lain

Infeksi terjadi secara bertahap berurutan selama dua sampai tiga minggu.

    Infeksi dan inkubasi. Selama satu minggu sampai dua minggu pertama setelah kita terinfeksi, virus campak incubates. Anda tidak memiliki tanda atau gejala campak selama ini.
   
Tanda dan gejala nonspesifik. Campak biasanya dimulai dengan demam ringan sampai sedang, sering disertai dengan batuk terus-menerus, pilek, peradangan mata (konjungtivitis) dan sakit tenggorokan. Ini penyakit yang relatif ringan bisa berlangsung dua atau tiga hari.

Segera Hubungi dokter Anda jika Anda berpikir Anda atau anak Anda mungkin telah terkena campak, atau jika Anda atau anak Anda memiliki ruam yang menyerupai campak. Meninjau catatan imunisasi keluarga Anda dengan dokter Anda, terutama sebelum memulai sekolah dasar, sebelum kuliah dan sebelum perjalanan internasional.

Penyebab campak

Penyebab campak adalah virus yang sangat menular, yang hidup di lendir di hidung dan tenggorokan dari anak yang terinfeksi atau orang dewasa. Bahwa anak atau orang dewasa adalah menular dari empat hari sebelum ruam muncul sampai empat hari setelah.

Ketika seseorang dengan batuk campak, bersin atau berbicara, terinfeksi tetesan semprot ke udara, di mana orang lain dapat menghirup mereka. Tetesan yang terinfeksi juga dapat mendarat di permukaan, di mana mereka tetap aktif dan menular selama beberapa jam. Anda bisa terkena virus dengan meletakkan jari di mulut atau hidung atau menggosok mata Anda setelah menyentuh permukaan yang terinfeksi.

Orang yang tidak menerima vaksin untuk campak jauh lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit.
    
Perjalanan internasional. Orang tidak divaksinasi bepergian ke negara-negara berkembang, di mana campak lebih umum, berada pada risiko tinggi tertular penyakit.
    
Kekurangan vitamin A. Orang yang tidak memiliki cukup vitamin A dalam diet mereka lebih mungkin untuk campak kontrak dan memiliki gejala yang lebih berat.

Komplikasi Campak


komplikasi campak meliputi:

     Infeksi telinga. Salah satu komplikasi yang paling umum dari campak adalah infeksi telinga bakteri.
     Bronkitis, radang tenggorokan atau batuk. Campak dapat menyebabkan peradangan kotak suara (laring) atau peradangan pada dinding bagian yang melapisi lorong-lorong udara utama paru-paru (rongga bronkhial).
     Pneumonia. Pneumonia merupakan komplikasi umum dari campak. Orang dengan sistem kekebalan tubuh dapat mengembangkan berbagai berbahaya terutama pneumonia yang kadang fatal.
     Ensefalitis. Sekitar 1 dari 1.000 orang dengan campak mengembangkan ensefalitis, suatu peradangan otak yang dapat menyebabkan muntah, kejang dan, jarang, koma atau bahkan kematian. Ensefalitis erat dapat mengikuti campak, atau dapat terjadi bulan kemudian.
     Kehamilan masalah. Wanita hamil perlu lebih berhati-hati untuk menghindari campak, karena penyakit ini dapat menyebabkan keguguran, persalinan prematur atau berat lahir rendah.
     Rendah platelet count (trombositopenia). Campak dapat menyebabkan penurunan trombosit - jenis sel darah yang penting untuk pembekuan darah.

Jika Anda menduga bahwa Anda atau anak Anda memiliki campak, Anda perlu ke dokter anak Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan

    Tuliskan gejala apapun Anda atau anak Anda mengalami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan alasan yang dijadwalkan janji.
    Tuliskan informasi pribadi utama, termasuk setiap perjalanan terakhir.
    Buatlah daftar dari semua, vitamin obat atau suplemen yang Anda atau anak Anda adalah mengambil.
    Tuliskan pertanyaan untuk meminta dokter Anda.


Apa yang dapat Anda lakukan sementara itu
Sementara Anda menunggu untuk menemui dokter, pastikan bahwa Anda atau anak Anda tetap cukup cairan. Agar terhindar dari dehidrasi.

Dokter Anda biasanya dapat mendiagnosis campak berdasarkan karakteristik ruam penyakit itu serta kecil titik terang merah Koplik pada lapisan dalam pipi. Jika perlu, tes darah dapat mengkonfirmasi apakah ruam benar-benar campak.

Perawatan dan obat-obatan

Tidak ada pengobatan dapat menyingkirkan infeksi campak. Namun, beberapa langkah dapat diambil untuk melindungi individu rentan yang telah terkena virus.

     Pasca pajanan vaksinasi. Nonimmunized orang, termasuk bayi, dapat diberikan vaksinasi campak dalam waktu 72 jam paparan terhadap virus campak, untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit. Jika campak masih berkembang, penyakit biasanya memiliki gejala ringan dan berlangsung untuk waktu yang lebih pendek.
    
Immune globulin serum. Wanita hamil, bayi dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah yang terkena virus dapat menerima suntikan protein (antibodi) yang disebut globulin serum kekebalan tubuh. Ketika diberikan dalam waktu enam hari setelah terpapar oleh virus, antibodi ini dapat mencegah campak atau membuat gejala lebih ringan.

obat

     Penurun demam. Penggunaan penurun demam sebaiknya atas anjuran dokter,
Jangan memberikan aspirin kepada anak karena risiko sindrom Reye - penyakit langka tapi berpotensi fatal.
    
Antibiotik. Jika infeksi bakteri, seperti pneumonia atau infeksi telinga, mengembangkan saat Anda atau anak Anda memiliki campak, dokter mungkin meresepkan antibiotik.
    
Vitamin A. Orang dengan tingkat rendah vitamin A lebih mungkin untuk memiliki kasus yang lebih parah dari campak. Pemberian vitamin A dapat mengurangi keparahan dari campak. Ini umumnya diberikan sebagai dosis besar 200.000 unit internasional (IU) selama dua hari.

Gaya hidup dan pengobatan rumah


Jika Anda atau anak Anda memiliki campak, tetap berhubungan dengan dokter Anda saat Anda memantau perkembangan penyakit, dan menonton untuk komplikasi. Juga mencoba langkah-langkah kenyamanan:

Istirahat dan menghindari aktivitas sibuk.
Minum banyak air, jus buah dan teh herbal untuk mengganti cairan yang hilang dengan demam dan berkeringat.
    
Mencari bantuan pernapasan. Gunakan humidifier untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan.
    
Istirahatkan mata Anda. Jika Anda atau anak Anda menemukan cahaya terang mengganggu, seperti yang dilakukan banyak orang dengan campak, menjaga lampu rendah atau memakai kacamata hitam. Selain itu, hindari membaca atau menonton televisi jika cahaya dari lampu baca atau dari televisi yang mengganggu.
 


2 voters