Dermatitis

Dibuat : Oct 31st, 2011 00:35:08 Author : Rahma
Dermatitis
Dermatitis adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan suatu kelainan pada kulit yang mana kulit nampak meradang hingga iritasi.  Ada berbagai jenis dermatitis, jenis yang paling banyak dijumpai adalah dermatitis seboroik dan dermatitis atopik (eksim). Penyakit ini biasanya tidak mengancam jiwa atau menular. Tapi kondisi ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan percaya diri.

Apa Gejala dari Dermatitis


Pada dasarnya gangguan tersebut dapat memiliki banyak penyebab dan terjadi dalam berbagai bentuk, gejala utama yang ditimbulkan antara lain bengkak, memerah dan kulit gatal.

Apa Penyebab Dermatitis

Tidak ada penyebab yng jelas mengenai dermatitis, namun beberapa jenis dermatitis memiliki penyebab yang diketahui, sedangkan yang lainnya tidak. Namun, penyakit dermatitis selalu berhubungan dengan kulit yang bereaksi terhadap menggaruk,kulit sangat kering, zat iritasi, atau alergi. Biasanya, substansi yang datang dalam kontak langsung dengan kulit, tetapi kadang-kadang substansi juga datang karena melalui oral atau ditelan (seperti alergi makanan). Dalam semua kasus, menggaruk terus menerus atau menggosok akhirnya dapat menyebabkan penebalan dan pengerasan kulit.

Bagaimana Dermatitis Terjadi?

Dermatitis mungkin merupakan reaksi singkat untuk substansi. Dalam kasus seperti ini dapat menghasilkan gejala-gejala, seperti gatal dan kemerahan, hanya beberapa jam sampai berhari-hari (bisasanya 1-2 hari). Dermatitis kronis bertahan selama jangka waktu tertentu. Tangan dan kaki sangat rentan terhadap dermatitis kronis, karena tangan sering kontak dengan zat-zat asing dan kaki berada di bagian bawah yang kondisinya hangat lembab sehingga penggunaan kaus kaki dan sepatu dapat mendukung pertumbuhan jamur.

Dermatitis kronis biasanya terjadi karena kontak langsung, jamur, atau penyakit kulit lainnya yang tidak cukup di diagnosis atau diobati, atau mungkin salah satu dari beberapa kelainan kulit kronis yang tidak diketahui asalnya. Karena dermatitis kronis menyebabkan retak dan lecet di kulit, semua jenis dermatitis kronis dapat menyebabkan infeksi bakteri.

Bagaimana cara mengobotinya ?


Pengobatan ditujukan untuk menghilangkan rasa gatal yang untuk mencegah terjadinya infeksi. Jadi ketika kulit terasa kering dan gatal, sangat disarankan untuk menggunakan lotion atau pelembab pada kulit untuk membuat kulit menjadi lembab. Selain itu kompres dingin juga diduga dapat mengurangi rasa gatal yang terjadi.

Pemberian salep atau krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison diberikan untuk mengurangi proses inflamasi atau peradangan. Untuk kasus kasus yang berat, dokter biasanya akan memberikan tablet kortikosteroid dan apabila pada daerah kulit telah terinfeksi maka bisa diberikan antibiotika untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat lain yang dibutuhkan adalah antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang terlalu berat, dan cyclosporin untuk penderita yang tidak berespon terhadap semua jenis pengobatan yang diberikan.

Sumber : berbagai sumber

Terakhir disunting : Mar 6th, 2012 05:57:49
3 voters