Perkembangan Bayi 8 Bulan

Dibuat : Apr 6th, 2012 04:30:27 Author : Rahma
Perkembangan Bayi 8 Bulan
Bayi 8 Bulan

Saat usia Bayi Anda menginjak usia 8 bulan! Lihatlah dia! Dia sudah dapat duduk dan bermain sendiri. Dia bahkan mungkin sudah mulai atau sudah dapat merangkak sekarang. Kadang bayi di usia ini bahkan bisa berdiri. Jika Anda berdirikan bayi Anda di sebelah sofa, bayi anda mungkin berpegangan pada sofa untuk menjaga keseimbangan. Tetaplah di dekatnya, berjaga-jaga kalau-kalau dia terjatuh. Bayi sudah siap untuk berlatih berdiri dan rambatan, jadi sekarang adalah waktu untuk memulai dalam pusat kegiatan. Sebuah alat 'jumper' yang dapat anda meletakkan di ambang pintu juga sangat menyenangkan baginya, dan akan memberikan istirahat saat Anda mandi, berinternet atau aktifitas lainnya.

Sekarang bayi anda lebih aktif bergerak kesana kemari, saatnya untuk pemeriksaan  rumah Anda jika Anda belum melakukannya. Juga, bersiaplah untuk mulai berurusan dengan benjolan dan memar yang tak terelakkan pada bayi anda. Semua bayi rentan terhadap benjolan atau memar ketika belajar duduk, merangkak, berdiri, dan akhirnya berjalan.

Koordinasi mata dan tangannya terus meningkatkan, dan ia mungkin telah mulai menguasai menjepit dengan jari tangannya, refleks di mana ia mengambil benda kecil dengan ibu jari dan telunjuk. Setelah bayi anda duduk tanpa bantuan dan telah menguasai makanan yang keras, Anda mungkin ingin mencoba makanan jari.

Pada usia ini Emosi bayi Anda berada dalam kekuatan penuh saat ia mulai menjadi lebih sadar akan sikap dan emosi pengasuh nya.  Jika ada ketegangan atau iritabilitas di lingkungannya, dia akan meniru emosi juga. Pastikan bahwa ia berada dalam tempat yang membuat dia senang, dan Anda akan menjadi ibu jauh lebih bahagia.

Saat in bayi anda tengah lengket pada orang yang mengasuhnya atau ibunya. Tentu saja saat ibu akan pergi meninggalkannya, bayi akan menangis. Yakinkan bayi Anda bahwa ketika Anda pergi, Anda juga datang kembali. Jangan pernah menyelinap keluar ruangan ketika meninggalkan bayi Anda dengan babysitter. Hal ini dapat menakut-nakuti dia dan membuat dia bahkan lebih cemas ketika ia berpikir Anda hanya menghilang. Sebaliknya, beri dia pelukan dan ciuman ekstra sebelum berkata selamat tinggal dan berjalan keluar dari ruangan. Jelaskan padanya bahwa Anda akan kembali.


4 voters